HTML/JavaScript

Saturday 5 March 2011

SIAPA IBLIS

Iblis adalah nama salah seorang Jin yang pada ketika Adam belum diciptakan. dia termasuk salah seorang yang hadir bersama sama para malaikat. Adam adalah nama nabi yang pertama dicipta Allah, sedangkan Iblis adalah nama salah seorang Jin. Iblis bersama generasi Jin pada saat itu sudah ada ketika Adam belum diciptakan Tuhan. Adam sudah meninggal, jin jin yang satu generasi dengan Adam juga sudah pada mati, tetapi Iblis hidup sampai hari kiamat.

purata umur jin memang lebih panjang jika dibandingkan dengan purata umur manusia (Pemuda dikalangan jin purata berumur 300-400 tahun). Tetapi Iblis pernah meminta dipanjangkan hidupnya sampai kiamat, dan permintaan itu makbulkan. Umur panjang sejak sebelum Adam sampai saat ini membuat Iblis termasuk satu makhluk yang memiliki perbendaharaan pengetahuan yang lengkap mengenai apa saja yang pernah terjadi pada manusia di dunia ini.

Iblis benci pada Adam kerana perasaan dengki. Adam dinobatkan sebagai Khalifatullah fil Ardli. Iblis merasa dirinya lebih layak dipilih sebagai khalifatullah fil Ardli karena dirinya lebih dulu diciptakan dibanding Adam. Iblis telah beribadah kepada Tuhan selama hidupnya sedangkan Adam baru saja diciptakan sudah dipilih sebagai khalifah.

Sebenarnya rasa iri dalam diri Iblis ini dirasakan juga oleh Malaikat ketika mereka mengemukakan pendapat kepada Tuhan,”(wahai Tuhan) apakah akan Engkau Jadikan dibumi ini orang orang yang yang berbuat kerusakan dan suka menumpahkan darah (saling berperang)? Padahal kami telah bertasbih dangan memuji Mu, dan mengkuduskan Mu?” (QS Baqarah 30)

Tersirat dalam peryataan para Malaikat seakan berkata,”Kenapa bukan kami saja yang Engkau jadikan Khalifah Pemakmur Bumi?”

Ketika Tuhan memerintahkan semuanya (Malaikat dan Jin) untuk tunduk menerima Adam sebagai nabi , semuanya menurut perintah Allah kecuali Iblis. Iblis sombong sebab perasan dia dijadikan dari api sedangkan Adam dijadikan dari tanah.

Sejak itulah Iblis benci pada manusia.
Di kutip dari blog Indonesia.terima kasih tuan blog

No comments:

Post a Comment